Senin, 07 Maret 2011

Tepatkah prioritas anda?

Tepatkah prioritas Anda?

Senin, 7 Maret, 2011 › saat teduh
↓ Tinggalkan komentar

Baca: Lukas 14:12-24

Kepedulian kepada orang yang terpinggirkan sesungguhnya mewakili   kepedulian Allah kepada mereka. Itulah tanda kesejatian anak-anak Tuhan!

Perumpamaan yang Tuhan Yesus berikan hendak membongkar kepalsuan   orang-orang yang merasa dirinya adalah umat Allah, tetapi sesungguhnya   tidak memberi respons yang sepadan dengan keumatan sejati. Merekalah   yang diumpamakan sebagai para undangan yang ternyata memberi respons   yang mengecewakan tuan rumah!

Dua undangan pertama memberikan alasan yang sangat masuk akal dalam   konteks sosial budaya pada waktu itu (18-19). Para undangan ini perlu   segera memastikan bahwa apa yang mereka dapatkan benar-benar sesuai   dengan transaksi yang telah mereka lakukan. Pilihan mereka untuk   mengabaikan undangan adalah masalah prioritas. Bagi mereka, tidak   mengalami kerugian materi lebih penting ketimbang membina relasi   kekerabatan dan persahabatan. Demikian juga dengan undangan yang ketiga,   yaitu pasangan pengantin baru (30). Padahal mereka sudah menyatakan   komitmen mereka untuk hadir. Sekali lagi, ini memang masalah prioritas.

Namun perumpamaan ini belum selesai. Tuhan Yesus melanjutkannya   dengan menceritakan tindakan sang tuan rumah selanjutnya. Bagi tuan   rumah “the show must go on’, artinya perjamuan harus terus berlangsung.   Maka undangan pun dibuka kepada khalayak ramai di kota (21), bahkan   kepada siapa pun yang ada di lintasan di luar kota (23). Siapa saja   boleh datang! Ini selaras dengan perikop sebelumnya, yaitu mereka yang   dianggap “tidak layak’ justru beroleh kesempatan menerima undangan Allah   (12-14).

Undangan Tuhan Yesus tidak pernah dipaksakan kepada siapa pun. Ayat   23 boleh dimengerti sebagai ajakan persuasif yang akhirnya direspons   positif. Undangan Tuhan Yesus diberikan dengan dorongan penuh kasih.   Namun setiap orang harus merespons dengan memberikan prioritas kepada   undangan ini. Apakah kita sudah merespons undangan Tuhan Yesus tersebut   dengan prioritas yang tepat?

Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan   Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab,   artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku   Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4,   Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:   ppa@ppa.or.id. Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar