Rabu, 09 Maret 2011

Mendayagunakan Potensi Yang Ada

Mendayagunakan Potensi Yang Ada

› saat teduh
↓ Skip to comments

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Raja-raja 7

Kekuatan dan kemampuan diri sendiri itu pasti ada batasnya, oleh sebab itu kita perlu melibatkan dan mendayagunakan potensi yang ada pada diri orang lain untuk melakukan karya Tuhan dalam dunia.

Sekalipun dalam kemegahan dan kepandaiannya sebagai seorang raja yang berhikmat, namun Salomo tetap menyadari ada bagian-bagian tertentu yang tidak bisa dia kerjakan berdasarkan hikmat dan kemampuannya. Dalam penyelesaian pembangunan rumah Tuhan, khususnya mengenai perlengkapan dan perabotnya, maka Salomo mendatangkan dari Tirus, seorang pekerja logam yang ahli dan punya pengertian serta pengetahuan untuk melakukan segala pekerjaan tembaga, yang bernama Hiram (7:13-14). Dengan penuh kepercayaan, Salomo mempercayakan segala pekerjaan itu kepada Hiram. Dan atas kepercayaan yang diberikan oleh Salomo kepadanya, Hiram pun mengerjakan semua pekerjaan dengan sebaik dan yang terbaik yang dia bisa. Walaupun tentu saja dalam mengerjakan perabot-perabot Bait Suci, seperti contohnya bejana atau laut tembaga yang menurut para arkeolog beratnya antara dua puluh lima dan tiga puluh ton, dia tetap saja membutuhkan banyak tenaga kerja orang lain. Hal ini menegaskan bahwa sepandai-pandainya dan sehebat-hebatnya manusia, tetap ia adalah manusia yang terbatas dan punya kekurangan.

Oleh sebab itu mari kita belajar untuk melihat potensi yang ada pada diri kita dan diri orang lain, menghargainya dan mendaya-gunakannya, agar bisa sama-sama dipakai bagi perluasan pekerjaan Tuhan di tengah-tengah dunia ini. [JS]

1 Raja-raja 7:40b
“Demikianlah Hiram menyelesaikan segala pekerjaan yang harus dilakukannya bagi raja Salomo di rumah TUHAN”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar